Kreatifitas : Menciptakan Karya Seni

 Karya Seni

Sebuah karya, dapat terbentuk karena adanya suatu kreatifitas. Apa sih karya itu? Karya adalah hasil kerja seseorang yang pastinya bermanfaat bagi banyak orang. Oleh karena itu, manusia berusaha untuk menciptakan karya karya yang inofatif yang nantinya bermanfaat dan bisa mendapatkan keuntungan untuknya.
Seni, adalah bagian dari karya. Dalam berkarya, manusia dapat menciptakan suatu seni. Dengan seni, mencipakan suatu budaya. Karya seni membentuk invasi inovasi baru di berbagai bidang, seperti grafis, musik dan teater. Bahkan, dari karya karya tersebut dapat menghasilkan dampak yang luar biasa pada dunia. Pernahkah kau tahu tentang lukisan Monalisa? Karya Leonardo da Vinci ini sangat terkenal keseluruh dunia, walaupun hanya gambar seorang wanita yang duduk di sebuah kursi

Mengapa demikian? Mengapa seni begitu di gandrungi oleh seluruh manusia di bumi ini? Seni tidak membatasi kita untuk berkreasi, mana yang paling nyaman untuk dinikmati, itulah pemenangnya. 

maksudnya adalah dalam menciptakan karya seni, kita harus menunjukan gambaran tentang sesuatu yang memiliki makna tertentu. Dalam menciptakan sebuah karya seni harus ada sebuah kontra, maksudnya adalah, karya yang kita ciptakan memiliki sebuah perbedaan mencolok yang membuat penikmat seni dapat nyaman untuk menikmati seni yang kita ciptakan, misalnya dalam seni teater, harus ada Protagonis dan Antagonis, kalau Antagonis semua, siapa yang mau nonton ? Contoh lain dalam seni grafis, muncul warna berlawanan yang menunjukan tokoh utama dalam gambar. Namun, kontra yang berlebihan justru membuat seni menjadi rusak dan kacau, bahkan kontra yang terlalu kurang akan membuatnya tidak menarik. Oleh karena itu, kontra dalam berseni harus pas, agar enak di pandang.

Nah, dalam berkarya yang kita butuhkan adalah kreatifitas. Kreatifitas ada di otak kanan manusia, kreatifitas tidak hanya di dasarkan oleh bakat, kreatifitas masih dapat diasah lewat berbagai kursus atau pendidikan. Dengan adanya kreatifitas, kita dapat menciptakan karya yang inovatif.
  
Seni Grafis
























Dulu, untuk menciptakan seni grafis berupa lukisan, kita harus menyiapkan kanfas dan cat air. Itupun harus dalam jumlah yang menguras kantong dan otak untuk membuat satu lukisan saja. Mengatur berbagai tindakan hanya dapat dilakukan sekali, tidak dapat di undo. Hasil yang di dapatkan, memang lebih baik dan berharga.
Sekarang, untuk menciptakan karya seni grafis sudah tidak sulit. Kalau dulu, anak anak muda berkreasi dengan mencorat coret temboknya dengan lukisan yang indah, yang disebut Grafity, sekarang tidak ! Adanya komputer dapat berfungsi untuk media berkaraya seni grafis kita. Bahkan, Grafiti pun dapat dibuat lewat media grafis modern tersebut.. Munculnya CorelDraw dan Adobe Photosop menjadikan perubahan yang besar dalam bidang seni grafis rumahan. Semua dapat mempelajarinya. Bahkan, muncul pula berbagai Generator grafis Online yang tersedia. Hingga, munculah berbagai kategori seni grafis moderen, seperti desain grafis Vector, Floral dan Stripped. Desain desain itu, kini menjadi buruan pasaran, misalnya untuk kaos. Bahkan, hampir tiap hari mata kita tidak lepas dari karya seni grafis tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar